TV dan Anak?

Masih bingung dengan perlu atau tidaknya keberadaan TV di rumah saat ada anak atau jika tidak bisa tanpa TV, bagaimana mengaturnya agar kita bisa meminimasi dampak negatifnya pada anak? Coba simak pendapat dari beberapa orang tua di sebuah grup di bawah ini.

Apa kata beberapa orang tua tentang TV dan anak?

Ada yang cukup ekstrim memutuskan tidak memiliki TV sama sekali di rumah. Ada juga yang tetap memiliki TV tapi pemakaiannya dibatasi jika ada anak. Ada yang bilang untuk anak under 2Y maksimal 30 menit saja dan ada juga yang bilang maksimal 2 jam saja. Ada juga yang bilang ga pake batasan waktu. Orang tua tersebut mengakui memang sudah anti dengan channel TV Indonesia yang banyak gak bermutu itu tapi masih hobi nonton serial luar negeri dan film-film di HBO dan Fox Movies. Dan orang tua yang ketiga ini bilang anaknya paling hanya diputarkan channel Disney atau channel luar negeri lain yang edukatif saja, dan positifnya anaknya cepat bertanya dan menunjuk-nunjuk “apa itu? Apa itu?” ke objek di TV. Jadi menurut mereka tidak apa-apa nyetel TV asalkan didampingi oleh orang tua.

So, what about me?

Kalau saya dan suami sih memang juga masih hobi nonton serial luar negeri dan film di HBO atau Fox movies. Dan menurut saya channel anak seperti JimJam, acara Art Attack di Disney, dan acara2 di National Geographic (seperti Brain Games dan None of Above serta dokumenter lainnya) bisa bermanfaat nambah wawasan dan kreativitas orang tua serta sang anak. Jadi, saya lebih prefer untuk membatasi saja penggunaan TV, menghindari channel Indonesia, dan mendampingi anak saat menonton TV. Setiap orang tua tahu mana keputusan yang terbaik dan terbijak untuk anaknya. Kan kondisi setiap anak berbeda. Saat ini sih kalau saya di rumah sama Kaira yang masih 9 bulan ini pagi-sore saya sama sekali tidak menyetel TV. Ya mungkin nanti kalau Kaira sudah agak besar akan saya setel di waktu-waktu tertentu (jika ada acara Disney’s Art Attack misalkan). Kalau malam ketika ayahnya Kaira pulang kantor dan beristirahat baru deh TV biasanya disetel.

Silahkan menentukan kebijakan yang terbaik untuk keluarga Anda. Yang penting pastikan pendampingan orang tua selalu yaaaa…

Advertisements

2 thoughts on “TV dan Anak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s