Manfaat Membacakan Dongeng pada Anak Sejak Dini

Menurut saya, membacakan dongeng pada anak memiliki banyak manfaat. Apa aja ya? Hmmm…

1. Anak dapat menambah banyak kosakata atau pembendaharaan kata baru. Makanya banyak yang menyarankan untuk membacakan dongeng sedini mungkin. Walaupun bayi kita belum begitu paham maksudnya, tapi otak bayi yang masih seperti kaset kosong mampu menyimpan banyak kosakata baru baginya.

2. Mengasah imajinasi anak. Bahkan orang dewasa pun akan berimajinasi setiap kali membaca buku cerita. Imajinasi anak-anak biasanya jauh lebih kreatif dan tak terhingga dibanding orang dewasa. Memangnya apa pentingnya imajinasi? Orang atau anak yang imajinatif adalah orang yang kreatif. Kreativitas sangat erat relasinya dengan tingkat kecerdasan seseorang. Maka dari itu, perlu sekali kita sebagai orang tua terus dan terus mengajak anak untuk berimajinasi dan berkreasi tanpa dibatasi.

3. Mempererat kedekatan antara orang tua dan anak. Terutama jika kegiatan ini dilakukan rutin setiap malam sebelum anak tidur.

4. Mengajak anak untuk mencintai buku sejak dini. Orang yang gemar membaca (sekarang gak cuma buku, tapi bisa berbagai sumber dari internet misalnya) biasanya memiliki wawasan luas. Tentu saya ingin sekali Kaira tumbuh menjadi salah satunya.

5. Membuat anak mempelajari hubungan sebab-akibat dan menyimpulkan cerita. Biasanya dalam dongeng, tersirat banyak makna yang dapat dipetik. Misal cerita Pinokio yang jika bohong maka hidugnya akan memanjang. Dari cerita itu, anak dapat menyimpulkan bahwa berbohong itu tidak baik dan tidak disukai. Makna-makna tersebut akan terekam dalam otaknya dan akan diaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Coba simak kata-kata sang genius terkenal yang bernama Albert Einstein berikut ini..

“If you want your children to be intelligent, read them fairy tales. If you want them to be more intelligent, read them more fairy tales. ”

Semangat bagi para orang tua untuk sering-sering membacakan dongeng pada si buah hati. ๐Ÿ™‚

image

Kaira's reading princess fairy tales ๐Ÿ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s