Periode Emas : 0-5 Tahun

Periode emas, atau bisa disebut juga dengan golden age. What is golden age? Golden age adalah tahap kehidupan seseorang yang paling krusial dimana pada tahap ini, kepribadian, karakter, serta pola pikir seseorang pertama kali terbentuk. Pada usia berapakah usia krusial ini? Yaitu usia 0-5 tahun.

Nah, di usia tersebut, anak yang baru lahir ke dunia, tentu otaknya bagaikan pita kaset kosong yang siap menyimpan tak terhingga mulai dari informasi, perlakuan dan kasih sayang. Karena masih seperti pita kaset kosong, rekaman-rekaman yang masuk di dalam otak anak usia emas ini merupakan rekaman yang paling jernih dan tanpa filterisasi yang akan tersimpan hingga dewasa. Tidak seperti kita yang sudah dewasa yang bisa lebih kritis dalam menyerap informasi karena sudah melewati tahapan pemberian makna pada simbol dan sebagainya di periode emas.

Lalu kenapa di periode ini karakter dan personality terbentuk? Karena otak anak di usia emas ini masih sangat kognitif atau fluid, dengan kata lain masih sangat mudah dibentuk oleh kita, orang tuanya.

Oleh karena itu, kita sebagai orang tuanya harus secara tepat dan juga hati-hati dalam mendidik anak, karena anak akan sangat mampu meniru semua perbuatan dan perkataan kita baik yang bagus maupun yang buruk tanpa filterisasi. Misal jika orang tuanya suka memberi apresiasi terhadap segala hal positif yang anak lakukan sejak bayi, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan bisa turut menghargai orang lain. Sebaliknya, jika orang tua kerap menghukum atau memberi ancaman, anak juga cenderung suka memberi hukuman atau ancaman kepada teman-temannya ketika sudah beranjak besar.

Maka kasih sayang yang sangat besar dari orang tuanya sangat diperlukan oleh anak di usia emas agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, suka menghargai, memiliki trust yang besar pada orang tuanya, mandiri, dan kreatif. Memang seringkali tidak mudah, terlebih lagi jika anak sudah mulai memiliki kemauan. Konsistensi, integritas dan kesabaran yang besar wajib dimiliki oleh setiap orang tua agar bisa berhasil.

Pada post ini saya hanya menjelaskan secara garis besar saja mengenai apa itu golden age. Insya Allah di postingan berikut2nya akan dijelaskan tahapan2 di dalam golden age itu sendiri. Just remember, we must be smart parents to make our children smarter more. 🙂

Sumber: berbagai sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s