Mitos “Bau Tangan”

Ever heard that term? Kata orang jaman baheula, “bayi jangan keseringan digendong, nanti jadi manja dan bau tangan”. Is it true? Is there still any new mom believe that?

Well, mari kita bicara fakta. Bayi hanya punya 1 cara untuk komunikasi, yaitu dengan menangis. Tidak ada cara lain. Jadi, apa tiap kali bayi menangis selalu berarti bayi kehausan? Nope! Baby cries can mean many things. It can be that baby feels tired or overstimulated, or just feel bored, or not comfortable, or many things else. Ketika bayi yang sedang berbaring tiba2 menangis, itu artinya ia sedang berkomunikasi dengan kita, sedang berusaha menyampaikan sesuatu kepada kita. Jika kita tidak segera mendekatinya dan bertindak, bayi tentu akan merasa ia tidak didengar. Apa yang ia coba sampaikan tidak dihargai. Otak bayi 0-1,5 thn itu masih bagaikan hard disc kosong yang dapat merekam semua dengan baik. Jika ia merasa tidak pernah didengar dan itu melekat di otaknya hingga dewasa, justru berbahaya bukan?

Coba untuk selalu menempatkan diri Anda sebagai bayi Anda. Anda hanya bisa berbaring. Berbaring terus dalam waktu cukup lama pasti akan terasa membosankan kan? Anda ingin bilang “hey, saya bosan, ajak saya berkeliling!”, tapi Anda tidak bisa, hanya bisa memberi tahu dengan cara menangis. Sudah capek-capek nangis ditambah bosan, ehh tangisan Anda ternyata tidak dihiraukan, apa Anda mungkin tidak merasa kesal? Pasti kesal karena Anda tidak didengar, padahal saat itu Anda hanya ingin diajak berkeliling atau sekedar ditemani.

Okay, itu di atas adalah fakta pertama, bahwa menangis merupakan satu2nya bentuk komunikasi bayi. Fakta kedua, di usianya yang masih amat sangat dini (0-1,5 thn), bayi belum saatnya untuk memahami atau belajar mandiri. Anak belajar mandiri bukan di usia ini. Kenapa? Lagi2 bayangkan diri Anda sebagai bayi. Sebelumnya selama berbulan-bulan, Anda berada dalam kenyamanan dan kehangatan rahim ibu. Tidak ada gangguan. Tiba-tiba saja, Anda berada di dunia dan dikelilingi oleh hal2 yang totally asing dan 100 persen berbeda dari rahim ibu. Apa yang Anda inginkan di tengah2 asingnya dunia baru itu? Yang Anda inginkan pastilah rasa nyaman dan aman. Ya, bayi senang digendong bukan karena ingin dimanja. Mereka bahkan belum memahami apa itu manja. Mereka cuma perlu rasa aman itu dan kasih sayang.

Fakta terakhir, ini berdasarkan penelitian. Bahwasanya bayi yang segera mendapat perhatian sesaat setelah menangis, entah dengan ditimang maupun didekati, kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat secara emosional. Ia pun nantinya menjadi orang mandiri serta lebih percaya diri. Kok bisa? Ya karena seperti yang sudah dipaparkan di atas sebelumnya. Bayi merasa ia dihargai dan didengar, sehingga kita memperoleh trust atau kepercayaan dari dirinya. Beranjak dewasa, sang anak percaya bahwa sang orang tua akan selalu mendampinginya dan memberinya kasih sayang di setiap situasi berdasarkan apa yang ia alami sejak masih bayi. Sebaliknya, bayi2 yang tidak mendapat perhatian dan dibiarkan menangis terlalu lama, saat dewasa akan tumbuh menjadi pribadi yang kurang mandiri, peragu, atau tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat.

Satu lagi kelebihan tambahan jika bayi sering digendong. Jika bayi sering digendong terutama ketika kita sedang berbicara dengan orang lain, bayi akan ikut mendengarkan karena sang penggendong berada dekat di jangkauan pendengarannya. Jadi, kosakata baru akan bertambah di database otaknya dan ini tentu bisa memicu bayi agar cepat berbicara. Banyak banget kan keuntungannya?

Jadi, jangan pernah kuatir dengan istilah bau tangan, karena itu hanyalah salah satu mitos parenting. Kalau capek gendong bayi terus, saran saya gunakan gendongan yang paling nyaman buat Anda. Gendongan yang paling nyaman buat saya adalah baby wrap. Gendong Kaira berjam-jam gak pegal loh, karena bebannya merata di bahu hingga punggung. Numpang narsis dikit deh, foto saya gendong Kaira pake baby wrap, hehehe.. Kalau bayinya sudah bisa tegak lehernya, makin enak gendongnya. Lagian gapapa lah ya, repot gendong di awal2 saja, biar nanti kalau anak sudah gede justru gak nyusahin kita lagi. 🙂

image

Gendong Kaira pake Baby Wrap

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s