Menenangkan Kaira

Selayaknya bayi pada umumnya, Kaira tentu kadang terlihat agak rewel. Sebenarnya bukan rewel, saya tidak suka dengan istilah rewel, karena bayi menangis pastilah ada sebabnya hanya saja kita kadang tidak tahu pasti. Nah jika bayi menangis dan kita tidak tahu mengapa (bukan karena pipis, haus/lapar, maupun mengantuk) dan digendong sambil ditimang2 pun tidak membuat Kaira lebih tenang, maka tentu kita sebagai orang tua sering melakukan inisiatif. Kalau Kaira sedang agak rewel seperti itu, hal2 berikut sering ampuh membuat Kaira lebih tenang.

1. Mengajaknya jalan-jalan naik mobil. Kaira selalu senang berada di dalam mobil yang berjalan, sehingga saya menyebut mobil sebagai ayunan raksasanya. Ia akan terbuai hingga tertidur, atau Kaira akan dengan excitednya agak mendongakkan kepala memandangi pemandangan di luar jendela mobil.

2. Mengajaknya jalan-jalan sambil digendong. Kaira juga biasanya akan dengan excited nya memandangi hal-hal baru di matanya. Senang sekali ia mendongakkan kepala jika diajak berkeliling.

3. Memutar-mutar benda bergantungan di atasnya. Kayaknya semua bayi senang dengan sesuatu yang digantung dan berputar, termasuk Kaira. Matanya akan bergerak mengikuti benda tersebut dan tangannya akan menggapai-gapai benda tersebut. Seringkali kedua kakinya tak bisa diam.

4. Meletakkannya di bouncer yang memiliki mainan yang digantung. Seru juga memandangi Kaira memandangi mainan2 yang digantung di bouncernya, karena dia akan menggerakkan kaki2 dan kedua tangannya ke arah mainan sambil berteriak2 pendek. Sekarang seringkali sambil memainkan air liurnya.

5. Mengajaknya berbaring dan melihat diri sendiri dengan menggunakan kamera depan hp. Ini favorit saya, terutama jika sedang agak lelah setelah menggendong lama Kaira, dan juga karena ekspresi Kaira yang langsung serius dan fokus melihat dirinya sendiri di kamera hp. Hahahah…

Cara untuk menenangkan setiap bayi pasti beda-beda. Yang jelas, jangan ragu mencoba segala hal baru dalam pengasuhan anak kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s