Susah Mandiin si Kecil?

image

Selalu perjuangan setiap kali mandiin si kecil gak? Every baby is unique. Ada yang langsung suka ketika dimandikan ada juga yang menjerit-jerit tidak suka. Kaira pertama kali dimandikan nangis menjerit. Kalau udah menjerit, tangisannya bisa terdengar sampai perempatan (fiuh!). Di bulan pertamanya, saat masih dimandikan oleh neneknya, seringnya Kaira nangis sejak awal dimandikan hingga dipakaikan baju. Jadi gak bisa lama-lama memandikan si kecil.

Gak usah frustasi. Tetap sabar ya, mandiin si kecil. Kenapa si kecil gasuka dimandiin ya? Pasti pada heran, seperti saya pada awalnya. Padahal air kan enak. Anak-anak kecil pada suka aja mandi, apalagi kalau mandi air hujan, beuhhh… Lalu, bayi kenapa pada awalnya gak suka dimandiin? Menurut buku “Baby Books” (karya William & Martha Sears), bayi tidak suka mandi bisa jadi karena lapar/haus atau karena bayi merasa tidak aman ketika berada di dalam air.

Di buku baby books itu, agar bayi tidak menjerit saat dimandikan, orang tua bisa coba untuk ikut mandi di bath tub bersama si kecil sehingga si kecil merasa aman bersama si ibu. Atau bisa juga dengan melakukan kegiatan memijat bayi setiap selesai mandi, sehingga jika si kecil akan mandi, ia akan mengasosiasikan bahwa setelah mandi pasti akan ada kegiatan yang menyenangkan, yaitu dipijat.

Nah, saat ditinggal orang tua, tentu jadi kewajiban saya lah mandiin Kaira, bukan si nenek lagi. Awal-awal Kaira seringnya nangis ketika saya mandikan, seperti dimandikan oleh neneknya. Ketika pergi ke Balikpapan, mengantar ortu ke airport, kami sengaja bermalam dan menginap di hotel. Nah, di rumah kan gak ada bath tub (besar), jadi pas di hotel itulah saya praktikkan, ikut nyemplung ke dalam bath tub bersama Kaira. Daaann berhasil! Kaira gak nangis sama sekali saat dimandikan. Lalu, hari-hari berikutnya, Kaira sudah tidak pernah nangis lagi saat saya mandikan di bak mandinya, bahkan sudah bisa tertawa. Caranya ya, selalu saya ajak ngobrol dan memberi penjelasan padanya apa-apa saja yang saya lakukan kepada Kaira selama saya mandikan itu. Saat saya mandikan di baknya, saya pegang lehernya, sambil berbicara dengannya, Kaira tidak pernah melepaskan pandangannya ke saya, seakan-akan sangat bergantung terhadap keberadaan saya di sampingnya. Tandanya, memang bayi memerlukan rasa aman dari kita saat dimandikan. Sebelum mandi memang sebaiknya bayi disusui dulu sampai puas, pastikan ia tidak mandi dalam keadaan lapar/haus.

Kadang Kaira masih nangis ketika sudah diangkat dari bath tubnya dan dikeringkan dengan handuk. Tampaknya sih karena perubahan suhu yang ia rasakan. Maka, air mandinya tidak perlu terlalu hangat juga ya. Disesuaikan dengan suhu ruangan. Usahakan tidak terlalu ekstrem perbedaan antara suhu air hangatnya dengan suhu ruangan (saat itu). Agar si kecil tidak terlalu kaget dengan perubahan suhunya dan jadi kedinginan.

Jika masih ada new moms yang mengalami kesulitan saat memandikan newborn babies, bisa dicoba salah 1 cara di atas. Insya Allah, selama kita respect dengan si baby, ia akan nyaman dimandikan kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s